Hotline 081343428953
Informasi lebih lanjut?
  • Selamat datang Teman Manggis Travel
Home » Wisata Likupang » Ekowisata Desa Bahoi, Indahnya Likupang Dalam Kearifan Lokal
ekowisata-desa-bahoi-likupang

ekowisata desa bahoi paket wisata likupang

Ekowisata Desa Bahoi, Indahnya Likupang Dalam Kearifan Lokal, Apa yang terlintas di dalam benak Anda pada saat menyebut provinsi Sulawesi Utara? Makanan Manado atau Taman Laut Bunaken mungkin bakal menjadi jawabannya. Akan tetapi, tahukah Anda Sulawesi Utara lebih dari itu? Apalagi sesudah Likupang ditunjuk sebagai salah satu tujuan pariwisata super prioritas. Selain namanya yang kian naik daun, sejumlah lokasi wisata yang berada di kawasan Likupang pun semakin populer di khalayak ramai. Salah satu destinasi wisata yang menarik dan juga menerapkan prinsip berkelanjutan yaitu ekowisata Desa Bahoi.

Apakah Anda sendiri sudah pernah mendengar nama Desa Bahoi ini? Ya, desa yang berada di kawasan pesisir tersebut berlokasi di wilayah Likupang, Minahasa Utara. Desa Bahoi merupakan salah satu destinasi pariwisata super prioritas yang bersanding dengan Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, dan Mandalika. Destinasi wisata ini jaraknya kira-kira 15 km dari pusat Kota Likupang dan dapat dijangkau hanya dengan waktu kurang lebih 30 menit berkendara. Jika dari Manado, membutuhkan kira-kira 90 menit untuk sampai di Bahoi. Menariknya, Desa Bahoi ini menyajikan pengalaman lengkap, lho. Selain ekowisata, wisatawan dapat menikmati kekayaan budaya lokalnya.

Alamat dan Harga Tiket Masuk Ekowisata Desa Bahoi

Bahoi adalah desa pesisir yang dikaruniai keindahan alam menakjubkan. Alamat tepatnya yaitu di Desa Bahoi, Kecamatan Likupang Barang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia (Google Maps). Untuk mencapai destinasi wisata ini butuh waktu kira-kira 1,5 jam dari Bandara Sam Ratulangi, Manado mengendarai mobil. Kendati demikian, jangan membayangkan suasana yang artifisial. Sebaliknya, suasa natural yang terpancar cukup kuat bakal menemani selama perjalanan Anda.

Jika Anda ingin melakukan diving di ekowisata Desa Bahoi, maka Anda harus mengeluarkan biaya sejumlah Rp 500.000 per orang tiap tabungnya. Harga tersebut sudah termasuk guide serta sewa perahu. Apabila hanya menyewa peralatan, cukup membayar Rp 25.000. Untuk perahunya dapat Anda sewa sendiri seharga Rp 350.000. Sedangkan jika Anda hendak melakukan snorkeling, biaya sewa alatnya yaitu Rp 25.000.

Di Desa Bahoi Anda juga dapat menikmati rumah apung di tengah laut yang tepat di bawahnya adalah titik penyelaman favorit. Hanya dengan Rp 10.000 rumah itu sudah dapat Anda pergunakan sebagai tempat beristirahat atau bersantai usai melakukan snorkeling atau diving. Masyarakat setempat juga menyediakan aneka seafood serta sayur yang bisa Anda nikmati di atas rumah apung. Anda hanya cukup merogoh kocek Rp 35.000 saja per orang untuk menikmatinya.

Daya Tarik Desa Bahoi

Memiliki kekayaan budaya dan ekowisata tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi desa Bahoi. Pengunjung dapat menginap di rumah-rumah warga sembari melihat budaya desa. Bukan hanya itu, warga di Desa Bahoi ini sadar akan ekowisata, lho.

Ya, desa ini punya berbagai lokasi wisata, mulai dari bawah laut sampai hutan bakau. Adapun hutan mangrove tersebut dikelola sendiri oleh masyarakatnya, lengkap dengan berbagai jenis fauna dan flora di dalamnya. Menyadari potensi yang ada di sana, warga di Minahasa mengembangkan aktivitas wisata alam, supaya masyarakat di luar desa bisa menikmati keindahan alam Bahoi.

Ekowisata Desa Bahoi terletak di sisi bukit dengan bentuk yang memanjang dan mengikuti pola pesisir. Sebagian besar masyarakat dari Desa Bahoi profesinya adalah sebagai nelayan dan punya banyak tanaman kelapa yang tentunya potensial untuk dikembangkan. Perairan di desa tersebut mempunyai arus yang cenderung tenang saat tidak hujan dan berwarna jernih, sehingga dasar perairannya sangat terlihat. Hal tersebut membuat Desa Bahoi jadi lokasi yang cukup bagus bagi seorang snorkel yang masih pemula.

Sejumlah titik memungkinkan para pengunjung untuk berenang dari pesisir sampai ke perairan yang cukup dalam hanya memakai snorkel saja. Sementara itu, di arah utara desa, ada kawasan mangrove serta pasir putih yang juga jadi salah satu potensi wisata di ekowisata Desa Bahoi ini.

Bagi Anda yang mencari keindahan alam berpadu dengan wisata budaya, maka ekowisata Desa Bahoi ini merupakan jawabannya. Sebab, desa ini memiliki segudang kegiatan seru untuk Anda lakukan. Apa saja, ya?

Berkunjung ke Hutan Bakau

Di Desa Bahoi Abda dapat bertandang ke kawasan wisata konservasi. Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang jembatan yang membelah hutan mangrove seluas 28 ha. Sepanjang jalan, Anda bisa menjumpai lebih dari 10 jenis tanaman mangrove. Kebanyakan mangrove di sini tumbuh secara alami, tetapi ada pula yang sengaja ditanam.

Salah satu spot foto yang sayang untuk Anda lewatkan yaitu jembatan gantung yang cantik di bagian tengan hutan. Dari atas jembatan, Anda juga dapat memancing ikan. Akhir perjalanan trekking, Anda bakal tiba di sebuah pantai berpasir putih. Ketika momen sunset, air laut surut, serta menyisakan akar mangrove yang terlihat di permukaan. Sangat menarik untuk hunting foto, bukan ?

Snorkeling dan Diving

Selain punya vegetasi mangrove yang menakjubkan, ekowisata Desa Bahoi juga menyajikan panorama bawah laut yang tak kalah cantiknya dengan Bunaken. Demi menjaga kelestarian bawah lautnya, kira-kira 2 hektar area divingnya masuk ke dalam DPL (Daerah Perlindungan Laut) serta seluruh biota lautnya dilindungi. Tentunya, spesies dan terumbu karang yang ada disini sangat unik, ya.

Jika hendak menjajal diving atau snorkeling, Anda bisa menyewa alat menyelam dari pengelola ekowisata Bahoi. Sesudahnya, pemandu lokal bakal mengantar Anda naik kapal menuju kawasan DPL. Anda pun siap bertemu dengan biota laut nan cantik Bahoi.  Hal terpenting yaitu jangan lupa untuk selalu berhati-hati serta menjaga kelestarian dari terumbu karang selama Anda menyelam tepat di kawasan DPL ini.

Makan Siang di Rumah Terapung Khas Bahoi

Puas menyelami dunia bawah laut pasti lelah bukan? Pas banget, nih! Sebab, Anda dapat makan siang di pinggir DPL. Bukan sekedar makan siang biasa, melainkan Anda makan siang di atas rumah terapung khas Bahoi. Ya, wisatawan yang baru saja melakukan diving atau snorkeling dapat menikmati makan siang atau mengadakan acara bakar ikan di rumah apung itu. Rumah ini bukan hanya memiliki tempat untuk bakar ikan saja, namun tersedia juga ruang untuk tidur.

Menyaksikan Aneka Pertunjukan Kebudayaan Sangihe

Berkunjung ke ekowisata Desa Bahoi, wisatawan juga dapat menikmati kehidupan masyarakatnya yang masih mempertahankan Budaya Sangihe. Seperti, Anda dapat menonton Masamper, tradisi Suku Sangihe yang dilaksanakan secara berkelompok sembari bersahut-sahutan. Lirik di dalam lagu tradisi Masamper tersebut biasanya berisikan ucapan selamat datang atau kisah kaut warga lokal warisan turun-menurun.

Masamper bisa Anda saksikan ketika sampai di pantai Bahoi usai melalui hutan mangrove, ya. Selain itu, Anda juga dapat menikmati alunan musik “Keroncong Mama” yang merupakan keroncong lokal di Desa Bahoi. Kemudian alat musik yang dipergunakannya juga sangat unik.

Membeli Oleh-oleh Kerajinan Tangan

Rasanya belum lengkap jika sudah bertandang ke ekowisata Desa Bahoi namun belum membeli oleh-oleh khasnya. Wisatawan dapat memperoleh berbagai oleh-oleh yang berupa kerajinan tangan masyarakat lokal. Ada gantungan kunci, orang-orangan dari tempurung kelapa, kalung, dan sebagainya. Tersedia juga anyaman sebagai alas piring yang dapat Anda beli untuk teman dan keluarga terdekat.

Fasilitas di Destinasi Wisata Desa Bahoi

Jika Anda berniat mengunjungi ekowisata Desa Bahoi ini tak perlu khawatir, sebab fasilitas yang tersedia cukup lengkap dan memadai. Mulai dari parking area, balai pertemuan, jungle tracking, kamar mandi umum, kios souvenir, kuliner, selfie area, spot foto, juga tempat makan.

Temukan Kemudahan dan Kenyamanan Berwisata Ke Desa Bahoi Bersama Manggis Travel

Hadir menjadi jembatan dan teman pendamping profesional untuk mempermudah semua kebutuhan sehubungan dengan tour and travel, Manggis Travel memberikan kemudahan dan kenyamanan Anda saat berlibur. Manggis Travel menyediakan paket liburan kolektif yang dibuat menurut potensi wisata menarik di Indonesia, khususnya di wilayah Sulawesi Utara. Ya, perjalanan wisata ini dapat berupa paket, kami akan melayani sesuai keinginan Anda.

Bagi Anda yang hendak mengunjungi ekowisata Desa Bahoi, jangan ragu untuk mempercayakan kenyamanan perjalanan Anda kepada jasa kami. Pelayanan kami lakukan dengan segenap hati, responsif, serta menyenangkan dan punya lisensi pendamping perjalanan wisata terpercaya. Soal harga, kami menawarkan harga yang kompetitif dengan dukungan tim profesional dan berpengalaman. Untuk reservasi dan pemasaran silahkan mengunjungi website resmi kami di https://manggistravel.com/ atau laman Facebook https://fb.watch/dpLmgUpe-c/.

 

 

 

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Wisata-Pualu-Gangga

Mengenal Paket Wisata Manado

4 June 2021 436x Adventure, Wisata Manado

  Manado sebuah kota bagus yang ada di Sulawesi Utara. Pusat kota Manado mempunyai daya magnet pemandangan alam yang cantik. Disamping itu, di Manado ada banyak beberapa tempat yang mempunyai daya tarik hinggak menarik diajak untuk datang. Banyak Objek wisata di sini. Tidak itu saja, akhir-akhir ini Manado banyak didatangi karena mempunyai beberapa spot... selengkapnya

Rental Mobil Manado

Rental Mobil Manado: Petualangan Terbaik dengan Kemudahan Mengemudi

7 September 2023 70x Sewa Mobil

Petualangan Terbaik dengan Kemudahan Mengemudi- Kota Manado adalah sebuah surga wisata yang menawarkan pesona alam yang memukau dan kekayaan budaya yang unik di Indonesia. Bagi yang menginginkan perjalanan yang nyaman dan fleksibel di kota ini, menyewa mobil adalah pilihan cerdas. Panduan ini akan membimbing Anda dalam seluruh aspek penyewaan mobil di Manado... selengkapnya

Tour-Group-Sulut-Kawanua-JATIPON

Tour Perkumpulan Kawanua JATIPON

1 July 2021 586x Tour 7 Hari, Tour Group

Manggis Travel – Tiba dari Jakarta, peserta tour Kawanua JATIPON disambut penuh sukacita oleh Tim Manggis Travel di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Kamis, 1 Juli 2021. Baik peserta tour mau pun Tim Manggis Travel telah melewati prosedur kesehatan berupa tes antigen sebelum berjumpa. Berkat perlindungan Tuhan, kami semua dalam keadaan sehat d... selengkapnya

Kantor

Manggis Travel:

M-Walk Mrina Plaza, Ruko No.3, manado
Jl. Wolter Mongisidi 3/22 (samping Bank BTN), Bahu, Manado, 95115
Office Hours : Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB
Telpon : 081343428953
Email : info@manggistravel.com
———————–

Apa yang kami tawarkan ?

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.